Monday, June 6, 2011

Berdakwah Lewat Game


asalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh

Judul diatas emang rada aneh sich..., tetapi, itulah yang ada dipikiran saya saat ini. Yakni, berdakwah melalui game. Kenapa harus game??? Kenapa dakwah harus lewat game???


pertanyaan-pertanyaan diatas memang benar adanya.Video game, memang bukanlah bidang yang berhubungan dengan agama.Bahkan,dimasukkan sebagai kegiatan yang menghabis2kan waktu saja.Benar juga, dakwah biasanya dijalankan oleh para aktivis Islam beserta para ulama dan kyai.Tetapi, pertanyaanya : BAGAIMANAKAH CARA MENYAMPAIKAN DAKWAH TERSEBUT, BILA TARGET DAKWAHNYA ADALAH PARA GAMER MUSLIM, YANG NOTABENE MASIH LEMAH IMANNYA????

dari hasil analisis dan beberapa pemikiran tersebut, kesimpulannya dapat dijabarkan sebagai berikut :

1) para gamer Indonesia, yang Muslim, secara usia masihlah remaja, antara 11 sampai 20-an tahun. Mayoritas masih memiliki pengetahuan agama yang minimalis .Nah,GAWATNYA, MEREKA MEMAINKAN GAME-GAME BUATAN NEGERI-NEGERI NON-MUSLIM, YANG NOTABENE TERKANDUNG HAL SERTA PEMIKIRAN YANG TIDAK SEJALAN DENGAN AKIDAHNYA, BAHKAN DAPAT MEMPENGARUHI DAN MEMBAHAYAKAN AKIDAH SI PEMAIN!!!
contoh : penggunaan sihir dalam game RPG, adanya dewa-dewi dalam game, mitologi-mitologi dari luar Islam, dan bahkan kandungan ajaran YAHUDI, ada di dalamnya

2) Para gamer yang masih berusia muda tersebut, HANYA BISA NYAMBUNG, bila diajak bicara dengan BAHASA YANG SAMA, YAKNI BAHASA GAME.Bisa kita bayangkan, jika si gamer tersebut, tiba2 langsung diajak berbicara tentang Islam oleh seorang aktivis, belum tentu sang gamer tersebut, DAPAT LANGSUNG MENCERNA NYA!!!BISA JADI, SANG GAMER ITU HANYA MASUK KUPING KIRI KELUAR KUPING KANAN!!!!

3) banyaknya GAME-GAME KONSOL, PC, DAN ONLINE, yang dibuat oleh produser game NON-MUSLIM, yang mana TIDAK BISA DIJAMIN KEAMANAN KANDUNGAN SERTA MATERI GAME TERSEBUT, BAGI SEORANG GAMER MUSLIM YANG MEMAINKANNYA!!!


maka dari itu, menurut saya, ada perlunya para pelaku dakwah ISLAM di negeri ini, untuk memikirkan ulang mengenai berdakwah lewat media yang ditemukan oleh non-Muslim, yakni dunia Video game.Apalagi, pada jaman GHAZWUL FIKRI saat ini, dimana PEDANG DAN KUDA DAN TANK, DIGANTIKAN OLEH BUKU SERTA MEDIA MASSA.Nah, disinilah celah yang mungkin masih dapat diandalkan ZIONIST, untuk MENGACAK2 GENERASI MUDA ISLAM YANG LEMAH IMAH, yang notabene GAMER, AGAR MEREKA DAPAT BERPALING DARI RISALAH-NYA INI!!!!!INI SUNGGUH-SUNGGUH BERBAHAYA!!!!!!!LEBIH BAHAYA DARI PERANG BIASA, SEBAB IBARATNYA, GAMER DIPAKSA BERPALING DARI ISLAM SECARA HALUS TANPA IA SADARI!!!!NAUDZUBILLAH MIN ZALIK!!!!

Selai itu, pengaruh game sama dengan film, ARTINYA CEPAT DISERAP SELURUH MATERI YANG TERKANDUNG DIDALAMNYA!!!SEBAB, GAM DAN FILM ADALAH SEBAGAI HIBURAN, STATUSNYA!!!

Harapan saya, di masa datang , akan ada rumah produksi game-game yang MENGANDUNG UNSUR-UNSUR KEISLAMAN. Namun semua itu tergantung pada kemauan umat islam sendiri untuk mengubah...

Dengan begitu, bukan saja gamer MUSLIM, tetapi juga yang non-MUSLIM, dapat juga mengetahui tentang kebenaran ISLAM.

Sumber:
Muslim

4 comments:

  1. Maksudnya gmana gan?? Bukanny keren klo seorang gamers bisa ikut berdakwah??

    ReplyDelete
  2. ohhh... tidak bisa.. mau ngdakwah gmna?? wktux az udah abis bwt ng game.hehe...

    ReplyDelete
  3. berjuang Jep, mengko nek melbu surga, aku di jak yo. okokookoko

    ReplyDelete